Selasa, 04 Oktober 2016

TELAGA SARANGAN, dalan tembus sing dadi kenangan




         Telaga Sarangan ini adalah obyek wisata yang terletak di daerah Sarangan, perbatasan antara Tawangmangu dan Magetan. Sehingga kadang masyarakat sekitar menaminya dengan istilah dalan tembus, sebab kedua tempat ini berada di kaki Gunung Lawu dan Sarangan menjadi penghubung di antara keduanya.

Dan di Kaki Gunung Lawu ini banyak sekali obyek wisata yang sangat terkenal, maklum Tawangmangu dan Sarangan adalah langganan para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri sejak dulu. Nah pada kesempatan ini saya bercerita sedikit mengenai Telaga Sarangan, yang mana biasanya saya dengan teman kuliah selalu hobi untuk meluangkan waktu bermotor-motoran untuk mencari tempat-tempat yang indah, dan dan disini adalah letak keindahan tersebut, hehehe.


Perjalanan kami dimulai dari Semarang dengan membawa perbekalan yang cukup, apa adanya aja yang penting bisa buat isi bensin. Dan ngomong-ngomong rute untuk menuju Telaga Sarangan tergolong mudah :

Rute Telaga Sarangan dari Solo
    Jika anda datang dari arah Solo, maka perjalanan menuju Sarangan kurang lebih 60 km, maka pertama-tama anda cari arah Karanganyar, kemudian dari Karanganyar cari lagi ke arah Tawangmangu, setelah Tawangmangu baru menuju ke arah Sarangan.
Singkatnya yaitu sebagai berikut :
                                         Solo - Karanganyar - Tawangmangu - Sarangan
Rute jalannya pun cukup mudah, karena mayoritas terdiri dari jalanan lurus. Hanya ada sedikit jalan persimpangan ketika di karanganyar dan tawangmangu, tapi untuk yang pertama kali datang ke sana pasti tidak akan kesulitan
               Oke, singkat cerita maka kami pun sampai di Tawangmangu, hehehe biar cepet ya. Dan sedikit info, dari Tawangmangu ke Sarangan ini cukup dekat. Hanya kurang lebih 30 km maka sampai di Telaga Sarangan. Yang paling menyenangkan dan tidak dilupakan disini adalah, pemandangan yang disuguhkan ketika menuju Sarangan. Kita akan melewati daerah pegunungan dan kebun strawbery dan tanaman tanaman lainnya, para wisatawan dijamin tidak akan bosan untuk kesana.
                                                Foto ketika perjalanan menuju Sarangan
                                                Salah satu jalanan di Tawangmangu

Kemudian sampailah kami di Telaga Sarangan, sebelum masuk kami diwajibkan untuk membayar retribusi sebesar Rp 5000,-. Dan seperti yang diceritakan orang-orang bahwa tempat ini sangat indah. Walaupun telaga ini adalah telaga buatan tetapi pengelolaannya sangat modern sehingga tempat ini menjadi obyek wisata terkenal. Tak heran jika nanti anda akan jumpai banyak turis asing disini.

Selain dapat menikmati pemandangan di Telaga Sarangan, ada banyak obyek yang bisa anda nikmati disini, yaitu :
1. Naik kapal boat keliling Telaga Sarangan, yang pastinya akan menyenangkan
2. Naik kuda untuk keliling kawasan Telaga Sarangan, karena kalau jalan kaki akan pegal2 kakinya. Sebab  kawasan ini tergolong sangat luas
3. Tak lupa ada kumpulan oleh-oleh yang bisa anda beli disini untuk dibawa pulang ke rumah

Demikianlah sedikit cerita dari saya tentang Telaga Sarangan, gimana sudah tertarikkah untuk berkunjung ke sana? kalau sudah, segera siapkan ransel anda untuk bepergian kesana, tapi jangan lupa saya diajak, hehe.

                                                              Berpose di pinggir Telaga

                                                         Selamat datang di Telaga Sarangan

                                                            Pinggir Telaga bagian Timur

                               Telaga Sarangan dengan background Gunung Lawu yang keren


NB : Judul terinspirasi dari lagu Didi kempot yang judulnya Dalan Tembus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar