Minggu, 05 Juni 2011

Curug Kembar Baladewa, Memukau Nan Menawan Hati


Air Terjun Curug Kembar Baladewa merupakan wisata air terjun yang terletak di Dusun Wirogomo, Kecamatan Banyu Biru, Kabupaten  Semarang tepatnya di lereng Gunung Kelir. Kawasan Wisata Air Terjun ini resmi dibuka pada tanggal 18 Juni 2008. Merupakan kawasan wisata yang masih alami sebab terletak di lereng pegunungan dan belum banyak yang menjangkau tempat ini. Tempatnya pun masih cukup asri dan sejuk sebab dikelilingi oleh pemandangan yang indah dengan hamparan sawah-sawah hijau nan panjang. Air Terjun ini dinamakan Kembar karena  ada dua air terjun yang bersebelahan yang hanya berjarak sekitar seratus meter saja.   Air terjun pertama memiliki ketinggian sekitar 50 meter dan lainnya setinggi 70 meter. hanya cukup berjalan sebentar saja dari air terjun pertama maka akan sampai ke air terjun yang kedua.




             
 Menurut masyarakat setempat, nama Baladewa sudah ada sejak nenek moyang. Baladewa adalah tokoh yang kuat. Konon jika mandi di air terjun ini badan menjadi lebih segar dan kuat. Tak jauh dari air terjun inipun terdapat sumber air hangat Asinan yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Keberadaan air hangat Asinan di desa yang berada di lereng Gunung Kelir ini juga tidak banyak diketahui orang. Maka dari itu saya dan teman-teman kuliah menyempatkan diri untuk mengunjungi sekaligus wisata alam ke Curug Kembar Baladewa guna menghilangkan penat dan kesibukan kuliah.

Untuk menuju Wirogomo yang merupakan daerah tinggi, kita bisa melewati kampung Kauman Banyubiru Ambarawa, sekitar 5 km dari Palagan Ambarawa. Dari kampung ini sekitar 5 km dan cukup lurus menanjak untuk sampai ke lokasi. Perjalanannya pun juga cukup menantang karena jalanannya naik turun dan cukup curam. Dan untuk sekedar info, kendaraan roda empat dan bus belum bisa mencapai daerah ini dan diharuskan menggunakan sepeda motor.

Setelah sampai di areal parkir Dusun Krajan Desa Wirogomo, kami harus berjalan kaki melewati jalan setapak sepanjang kurang lebih 700 meter untuk menuju lokasi air terjun kembar ini. Jalan setapak ke lokasi ini memiliki kondisi geografis yang relatif landai dan licin sewaktu hujan.Tiket seharga Rp 4000,- pun cukup untuk melihat keindahan alam Wirogomo ini. Sepanjang perjalanan kami pun disuguhi dengan pemandangan yang elok nan memukau. Hamparan sawah, pegunungan, dan sungai yang mengalir dengan airnya yang sangat jernih ini tak henti-hentinya memanjakan mata kami. Sungguh nikmat Tuhan yang harus kita syukuri dan kita lestarikan sebagai warisan peninggalan nenek moyang bangsa Indonesia.


 Selain 2 air terjun ini, di lereng yang lebih tinggi lagi sebenarnya terdapat satu air terjun lagi yang dapat dilihat dari kejauhan. Namun karena areanya yang cukup curam sehingga tidak memungkinkan wisatawan untuk mencapai ke sana dan hanya mampu mendaki samapai ke 2 air terjun. Di dekat air terjun ini juga terdapat kolam yang tidak terlalu dingin dan bisa digunakan untuk mandi. Yang semuanya itu akan membuat wisatawan yang datang menjadi betah dan tak ingin-ingin untuk segera pulang. Bagaimana tertarik dengan pesonanya? datang dan rasakan keindahan Curug Kembar Baladewa.


 
Foto bersama di bawah air terjun pertama


Air Terjun Yang Kedua

 Bukit Baladewa Bermahkota
 Melewati pematang sawah dan saluran irigasi

Berpose di pintu masuk

3 komentar:

  1. Sudah seharusnya para muadalah yang harus mengenalkan tempat2 indah seperti ini agar diketahui halayak rame. Kan kalo sudah rame dikunjungi orang, bisa menghasilakn income yang bagus buat Masyarakat dan PEMDA setempat ok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sependapat tp kalu yang mengelola kurang bagus hancur deh...

      Hapus