Minggu, 03 Juli 2011

Panorama Puncak Merapi & Merbabu di Ketep Pass, Magelang

Ketep Pass adalah kawasan wisata yang terletak di Desa Blabak, 30 km dari Kota Magelang khususnya di kawasan Solo-Selo-Borobudur. Merupakan lokasi wisata yang sangat mempesona para pengunjung sebab di tempat ini para wisatawan dapat melihat puncak Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.


Obyek wisata ketep Pass merupakan alternatif lain berwisata di  Magelang, selain Candi Borobudur, Taman Kyai Langgeng dan Kopeng di Salatiga. Selain bisa menerawang gunung merapi dan merbabu, dari Ketep Pass dapat disaksikan pula keindahan Gunung  Sindoro dan Sumbing. Menambah suasana Ketep Pass sangat menyegarkan.

 
Meski Obyek wisata Ketep Pass belum begitu lama diresmikan, akan tetapi keindahan dan kesejukan hawa pegunungan serta obyek view yang leluasa membuat banyak pengunjung datang ke tempat ini. Berbagai fasilitas pendukung telah dibangun di Ketep Pass. Fasilitas yang menjadi unggulan Ketep Pass adalah wisata Vulkanologi Gunung Merapi. Wisata sekaligus menambah wawasan dan pengetahuan mengenai kegunungapian difasilitasi pada obyek wisata Ketep Pass. Volcano Theatre merupakan bioskop mini yang memberikan gambaran tentang aktivitas gunung merapi kepada pengunjung.



Untuk menempuh perjalanan ke Ketep Pass dapat melewati Kawasan Wisata Kopeng  atau dari Kota Magelang selama 45 menit. Perjalanan menuju Ketep Pass ini sangat menarik karena melalui jalan yang naik turun di Kopeng dengan pemandangan Gunung Merbabu dan Gunung telomoyo di sekitarnya yang cukup indah. Sangat cocok untuk berlibur melepaskan penat dari kesibukan sehari-hari. kebetulan waktu itu saya dan teman-teman kuliah yang sewaktu PPL ditempatkan di Kopeng Salatiga bersama-sama untuk mengunjungi wisata alam tersebut.


Memasuki objek wisata, kami sudah dimanjakan oleh pemandangan yang terlihat di sekitar Ketep Pass, Gunung Merbabu di sebelah kiri dan Gunung Merapi di sebelah kanan. Kebetulan waktu itu cuacanya cukup cerah, sehingga puncak kedua gunung terlihat cukup jelas oleh pengunjung. Kami cukup membayar Rp 7000,- untuk 1 motor dengan dua orang penumpang yang sekaligus untuk parkirnya, setelah itu kami bisa masuk dan mengelilingi kawasan gardu pandang yang indah ini. Perlu diketahui, lokasi wisata ini selalu ramai dipadati wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara.


Puncak Garuda


Selain dapat menikmati keindahan alam yang ada di Ketep Pass, pengunjung dapat meneropong langsung aktivitas gunung merapi dan merbabu dengan teropong yang telah disediakan di beberapa gardu pandang, pengunjung juga dapat menerawang secara lebih dekat lereng gunung yang akan terlihat lebih eksotik dengan jalan setapak yang ada di setiap lereng gunungnya. Kemudian setelah itu pengunjung dapat menonton film berdurasi 30 menit di Ketep Volcano Teatre tentang Profil dan Sejarah Gunung Merapi beserta sejarah meletusnya, yang pastinya akan menjadi kenangan tak terlupakan setelah pulang dari Ketep Pass. bagaimana menarik bukan?? ayo dateng rame-rame dengan teman-teman.

Makan jagung bakar bareng-bareng

 Foto dengan background Gunung Merapi

Di Pelataran Panca Arga

 Foto- foto lagi

Ini dia Team Touringnya,,,,

Pemandangan di Sepanjang Jalan Selo - Boyolali- Magelang


1 komentar:

  1. selain Merapi,Merbabu,Sindoro,dan Sumbing,Tidar, Andong, dan Telomoy. Satu gunung lagi yang terlihat dari Ketep Pass itu apa ya? Bromo atau Slamet?

    BalasHapus